Ke Blora? Jangan lupa cicipi lontong tahu Pak Dasrip

Ada rencana ke Blora? Jangan lupa mampir ke Lontong Tahu "Blora Mustika" Pak Dasrip yang berada di Jalan RA Kartini, Blora. Jajanan khas Blora ini cukup terkenal. Setiap pukul 17.00 sampai malam 21.00, antrian mengular bukan hanya mereka yang tinggal di Blora tetapi banyak juga ditemukan plat mobil luar Blora parkir berderet di samping warung. Perlu bersabar, menunggu setiap porsi disajikan atau mungkin di bungkus. Jangan kaget jikalau kita menemukan 1 orang mengantri 10 atau 20 bungkus lontong tahu. Itu sudah jadi pemandangan yang sangat umum di sini. Jika ada 5 orang mengantri di depanmu, bukan berarti ada 5 porsi yang disajikan bisa saja 25 atau justru 50 porsi.

Warung lontong tahu Pak Dasrip
Harga normal untuk setiap porsi adalah Rp. 10.000,- tinggal dihitung saja tambahannya, bisa berupa tempe jati blora, kerupuk dan 'aksesoris panganan' lainnya, tidak hafal satu per satunya. Cukup terjangkau oleh dompet kampung maupun dompet kota. Harga yang pas untuk sebuah porsi hasil juara 1 lomba kuliner Kabupaten Blora ke 258 ini.

Terkenalnya lontong tahu ini memang tidak lepas dari kejuaraan lomba kuliner itu. Juara 1!. Bermula tahun 1984 bisnis rumahan Pak Dasrip terus berjalan, menjadi popular dari satu mulut ke mulut. Dari satu keluarga ke keluarga lainnya hingga menggaung ke luar kota. Maka tidak jarang kita temukan plat nomor kendaraan yang bukan berasal dari Blora. Para pelintas jalur tengah jawa tengah bagian timur tentu akan melewati Kabupaten Blora dan tidak jarang akan mampir ke maestro kuliner Blora ini.

Khas menggunakan daun jati. Aroma wangi daun jati menjadi pembungkus lontong tahu. Khas, sungguh khas dibuatnya. Enak rasa lontong tahu dipadu dengan wangi khas daun jati menjadikan cita rasa tersendiri nan unik dan menarik. Terkadang tidak jarang orang datang hanya karena ingin menikmati lontong tahu beralas daun jati sebagai piringnya. Memang berbeda, sangat berbeda baik rasa maupun aromanya.

Jangan lupa aksesoris panganannya juga musti dicoba. Tempe bungkus daun jati, serba jati pokoknya, juga pantas dinikmati sebagai teman kuliner lontong tahu ini. Tipis tempe, menjadikan tempe terasa krispi dan bumbunya juga meresap hingga bagian tengah dan dalam. Enak sekali!.
Share: