,

Online office : gaya kerja masa kini?

blogdangkal.blogspot.com
Perkembangan teknologi informasi sudah tidak terhindarkan lagi. Teknologi ini bukan lagi menjadi barang eksklusif tetapi sudah menjadi bagian kehidupan masyarakat sekarang. TIdak jarang ditemukan para 'fotografer' dadakan yang sering share foto di instagram, facebook, twitter ataupun media sosial lainnya. Rupanya perkembangan teknologi informasi tidak hanya merasuk di kehidupan masyarakat tetapi juga pada dunia kerja. Global citizen, demikian para pakar IT menyebutnya. Dunia bisnis juga disuguhi beberapa aplikasi online nan gratis hingga berbayar seperti cloud, VPN hingga team viewer. 

Di masyarakat kelas bawah mungkin tidak begitu terasa besarnya pengaruh teknologi informasi ini di dalam dunia kerja. Tetapi di masyarakat kelas menengah memiliki peran yang berbeda dan menjadi salah satu gaya kerja baru. Salah satu iklan televisi yang menangkap fenomena ini menggaungkannya dengan slogan 'ngantor tidak harus indoor, dan ngantor tidak harus di depan monitor'. Saya rasa sudah bisa ditebak iklan apa ini.

Di dunia proyek dan penelitian, perkembangan IT ini sangat pesat. Bukan hanya penelitian dan proyek bidang IT yang memanfaatkannya, tetapi proyek dan penelitian secara luas pada umumnya telah mamanfaatkan teknologi ini untuk sekedar sharing file, kirim dokumen hingga menyimpan data dan hasil pekerjaan di dunia maya. 

Informal office, menjadi salah satu media baru bekerja yang sekarang terus berkembang. Bekerja tidak harus berkumpul seperti dahulu. Duduk di depan komputer dan koordinasi dan diskusi langsung untuk memecahkan suatu masalah. Sekarang, seluruh orang bisa bekerja di tempat yang berbeda di dalam 1 file yang sama. Koordinasipun tinggal menggunakan aplikasi gratisan dan pekerjaanpun selesai. 

Inilah masyarakat kelas menengah yang kreatif dan melek teknologi. Dan perkembangannya disinyalir akan terus berkembang dan terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan kerja dan teknologi informasi. 
Share: